Di Elsevier, merupakan sebuah tanggung jawab setiap pimpinan editor untuk mempertahankan dan mengembangkan profil dan reputasi jurnal mereka. Editor juga memiliki tanggung jawab akhir untuk sebuah konten, memastikan bahwa konten tersebut memenuhi tujuan dan ruang lingkup jurnal dan mencerminkan perubahan di bidangnya dengan menghadirkan sesuatu yang baru pada penelitian yang ada.

Pada bulan September, Elsevier Connect menerbitkan sebuah artikel oleh Dr Peter Thrower, Editor-in-Chief of Carbon, yang disebut “8 alasan saya menolak artikel Anda.” Karena popularitas artikel ini, kita ditindaklanjuti dengan meminta lima dari editor pertanyaan terkait: Apa delapan alasan teratas Anda dapat menerima sebuah paper? Mereka semua datang dengan alasan alasan yang sama, yaitu apa yang kami tampilkan di sini.

1. Artikel atau makalah memberikan wawasan terhadap isu yang penting – misalnya, dengan berupaya menjelaskan pada masalah yang belum terpecahkan yang mempengaruhi banyak orang.

2. Pengetahuan yang dipaparkan dalam artikel berguna untuk orang-orang yang membuat keputusan, terutama keputusan organisasi jangka panjang atau dalam bidang tertentu.

3. Pengetahuan atau informasi yang ada dalam artikel dapat digunakan untuk mengembangkan kerangka kerja atau teori, baik teori baru atau mengembangkan teori yang sudah ada.

4. Pengetahuan yang ada dalam artikel  dapat menstimulasi hal baru, pertanyaan-pertanyaan penting.

5. Metode yang digunakan sesuai untuk mengeksplorasi masalah yang dibahas (misalnya, pengumpulan data dan analisis data).

6. Metode yang digunakan diterapkan secara ketat dan teliti dan juga dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana data – data yang ditampilkan dapat mendukung kesimpulan.

7. Hubungan ke pekerjaan sebelumnya pada bidangnya maupun dari bidang lain yang dibuat dapat berguna untuk membuat argumen pada artikel atau makalah menjadi jelas.

8. Artikel ini menceritakan sebuah cerita yang bagus, yang berarti ditulis dengan baik dan mudah dimengerti, argumen yang logis dan tidak bertentangan.

“Idealnya, kami ingin melihat artikel dapat berjalan dengan baik pada seluruh delapan poin kriteria, dan penulis juga berusaha untuk menyeimbangkan antara kriteria – kriteria tersebut,” ungkap Dr Pieper.

Source: elsevier.com

Advertisements